NamakuGhalib

Tnggi besar , bisa gambar , gak ganteng , pendiem..... , penyabar , rada JOROK , fans IKIMONOGAKARI [band jepang] , hobi gambar ama main DotA.

Pages

Minggu, 19 Oktober 2014 di 09.15 Diposting oleh Unknown 0 Comments

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN
PRODUK SEPATU FUTSAL MERK ADIDAS
PADA PELANGGAN LAPANGAN FUTSAL
GOR SURYA DI BOYOLALI

Di Kabupaten Boyolali olahraga futsal semakin berkembang pesat, semua itu terbukti dengan semakin banyaknya perusahaan-perusahaan layanan jasa lapangan futsal yang terus bermunculan seperti GOR Surya Futsal, Setya Futsal, Goal Futsal, Seventeen Futsal, dan masih banyak lainnya. Perusahaan layanan jasa lapangan futsal terus berkembang karena semakin banyaknya penggemar futsal yang terus bertambah. Dengan demikian maka kebutuhan akan peralatan-peralatan futsal seperti sepatu futsal menjadi kebutuhan utama bagi pelanggan lapangan futsal tersebut.

Produk sepatu futsal Adidas sebagaimana diketahui adalah salah satu produk sepatu yang mempunyai citra yang baik di kalangan masyarakat, yang semakin lama semakin banyak digemari masyarakat karena mempunyai kualitas dan model segala ukuran dan macamnya. Demikian juga bagi kalangan penggemar olahraga futsal yang sebagian besar menggunakan sepatu Adidas yang memiliki kualitas yang baik, karena produk ini merupakan produk sepatu yang harganya terjangkau, mudah didapatkan di toko-toko olahraga, kualitas yang baik dan sifatnya yang tahan lama atau tidak mudah rusak.

Dengan semakin banyaknya merk sepatu yang ada di pasaran berarti memberikan keleluasaan bagi konsumen untuk memilih merk yang sesuai dengan keinginannya. Karena itu perlu bagi peneliti untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian sepatu olahraga, khususnya produk sepatu futsal merk Adidas pada pelanggan lapangan futsal GOR Surya di Boyolali. Dari hasil survei langsung yang dilakukan oleh peneiti dengan latihan futsal bersama 15 pelanggan yang terbagi dalam 2 tim futsal pada hari Senin, 10 Juni 2013, bahwa 11 pelanggan dari 15 pelanggan yang melakukan latihan bersama di lapangan futsal GOR Surya di Boyolali menggunakan produk sepatu futsal merk Adidas. Dari hasil survei tersebut peneliti ingin mengetahui sejauh mana produk sepatu merk Adidas mampu memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen dengan menganalisis faktor-faktor tersebut.


Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, karena bermaksud untuk meneliti dan menentukan informasi sebanyak-banyaknya dari suatu fenomena tertentu dan berusaha memberi gambaran secermat mungkin mengenai faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam mengkonsumsi produk sepatu futsal merk Adidas pada pelanggan lapangan futsal GOR Surya di Boyolali.

Waktu penelitian dilaksanakan pada tanggal 25-28 Oktober 2013 pada pukul 17:00 WIB sampai 23:00 WIB. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pelanggan lapangan futsal GOR Surya di Boyolali yang membeli produk sepatu futsal merk Adidas.

Data penelitian tentang analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pada pelanggan lapangan futsal GOR Surya di Boyolali dalam melakukan keputusan pembelian produk sepatu futsal merk Adidas, diperoleh dengan cara penyebaran angket yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang berjumlah 28 pertanyaan. Kemudian diisi oleh 50 pelanggan yang masuk dalam kriteria dari 85 pelanggan yang diwawancarai, yaitu pelanggan yang kebetulan pernah menggunakan produk sepatu futsal merk Adidas. Data yang diperoleh didalam penelitian ini berbentuk skor yang berasal dari faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian yaitu faktor budaya , faktor sosial , faktor pribadi , dan faktor psikologis .

Dari keseluruhan data yang diperoleh diketahui total nilai dan prosentase sumbangan masing-masing faktor yang berasal dari faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian yaitu faktor budaya total 909 dengan 20,04 %, faktor sosial total 917 dengan 20,22 %, faktor pribadi total 1605 dengan 35,40 %, dan faktor psikologis total 1104 dengan 24,34 %.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, penelitian ini menyimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian terhadap keputusan pembelian yaitu faktor budaya 20,04 %, faktor sosial 20,22 %, faktor pribadi 35,40 %, dan faktor psikologis 24,34 tersebut dalam kategori sedang. Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa sumbangan terbesar yaitu faktor pribadi 35,40 % dengan nilai total 1605 yang diperoleh dari penghitungan tabulasi angket penelitian. Berdasarkan hal tersebut faktor yang paling mempengaruhi keputusan pembelian adalah faktor pribadi. 

0 Responses so far.

Posting Komentar

    About Me

    Followers