ANALISIS
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN
PEMBELIAN
PRODUK
SEPATU FUTSAL MERK ADIDAS
PADA
PELANGGAN LAPANGAN FUTSAL
GOR
SURYA DI BOYOLALI
Di
Kabupaten Boyolali olahraga futsal semakin berkembang pesat, semua
itu terbukti dengan semakin banyaknya perusahaan-perusahaan layanan
jasa lapangan futsal yang terus bermunculan seperti GOR Surya Futsal,
Setya Futsal, Goal Futsal, Seventeen Futsal, dan masih banyak
lainnya. Perusahaan layanan jasa lapangan futsal terus berkembang
karena semakin banyaknya penggemar futsal yang terus bertambah.
Dengan demikian maka kebutuhan akan peralatan-peralatan futsal
seperti sepatu futsal menjadi kebutuhan utama bagi pelanggan lapangan
futsal tersebut.
Produk
sepatu futsal Adidas sebagaimana diketahui adalah salah satu produk
sepatu yang mempunyai citra yang baik di kalangan masyarakat, yang
semakin lama semakin banyak digemari masyarakat karena mempunyai
kualitas dan model segala ukuran dan macamnya. Demikian juga bagi
kalangan penggemar olahraga futsal yang sebagian besar menggunakan
sepatu Adidas yang memiliki kualitas yang baik, karena produk ini
merupakan produk sepatu yang harganya terjangkau, mudah didapatkan di
toko-toko olahraga, kualitas yang baik dan sifatnya yang tahan lama
atau tidak mudah rusak.
Dengan
semakin banyaknya merk sepatu yang ada di pasaran berarti memberikan
keleluasaan bagi konsumen untuk memilih merk yang sesuai dengan
keinginannya. Karena itu perlu bagi peneliti untuk menganalisis
faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan
pembelian sepatu olahraga, khususnya produk sepatu futsal merk Adidas
pada pelanggan lapangan futsal GOR Surya di Boyolali. Dari hasil
survei langsung yang dilakukan oleh peneiti dengan latihan futsal
bersama 15 pelanggan yang terbagi dalam 2 tim futsal pada hari Senin,
10 Juni 2013, bahwa 11 pelanggan dari 15 pelanggan yang melakukan
latihan bersama di lapangan futsal GOR Surya di Boyolali menggunakan
produk sepatu futsal merk Adidas. Dari hasil survei tersebut peneliti
ingin mengetahui sejauh mana produk sepatu merk Adidas mampu memenuhi
kebutuhan dan kepuasan konsumen dengan menganalisis faktor-faktor
tersebut.
Metode
penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, karena
bermaksud untuk meneliti dan menentukan informasi sebanyak-banyaknya
dari suatu fenomena tertentu dan berusaha memberi gambaran secermat
mungkin mengenai faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keputusan
konsumen dalam mengkonsumsi produk sepatu futsal merk Adidas pada
pelanggan lapangan futsal GOR Surya di Boyolali.
Waktu
penelitian dilaksanakan pada tanggal 25-28 Oktober 2013 pada pukul
17:00 WIB sampai 23:00 WIB. Populasi dalam penelitian ini adalah
semua pelanggan lapangan futsal GOR Surya di Boyolali yang membeli
produk sepatu futsal merk Adidas.
Data
penelitian tentang analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku
pada pelanggan lapangan futsal GOR Surya di Boyolali dalam melakukan
keputusan pembelian produk sepatu futsal merk Adidas, diperoleh
dengan cara penyebaran angket yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang
berjumlah 28 pertanyaan. Kemudian diisi oleh 50 pelanggan yang masuk
dalam kriteria dari 85 pelanggan yang diwawancarai, yaitu pelanggan
yang kebetulan pernah menggunakan produk sepatu futsal merk Adidas.
Data yang diperoleh didalam penelitian ini berbentuk skor yang
berasal dari faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian
yaitu faktor budaya , faktor sosial , faktor pribadi , dan faktor
psikologis .
Dari
keseluruhan data yang diperoleh diketahui total nilai dan prosentase
sumbangan masing-masing faktor yang berasal dari faktor-faktor yang
mempengaruhi keputusan pembelian yaitu faktor budaya total 909
dengan 20,04 %, faktor sosial total 917 dengan 20,22 %, faktor
pribadi total 1605 dengan 35,40 %, dan faktor psikologis total 1104
dengan 24,34 %.
Berdasarkan
hasil analisis data dan pembahasan, penelitian ini menyimpulkan bahwa
faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian terhadap
keputusan pembelian yaitu faktor budaya 20,04 %, faktor sosial
20,22 %, faktor pribadi 35,40 %, dan faktor psikologis 24,34
tersebut dalam kategori sedang. Dari data diatas dapat disimpulkan
bahwa sumbangan terbesar yaitu faktor pribadi 35,40 % dengan nilai
total 1605 yang diperoleh dari penghitungan tabulasi angket
penelitian. Berdasarkan hal tersebut faktor yang paling mempengaruhi
keputusan pembelian adalah faktor pribadi.
Posting Komentar