LAPORAN PENDAHULUAN
LABORATORIUM MANAJEMEN LANJUT
UNIVERSITAS GUNADARMA
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN 2
NAMA Ghalib shakhra
NPM 13212129
KELAS 3ea13
BARIS A5
KP
TUTOR
TANGGAL
PARAF ASISTEN
(
)
1. Apakah yang dimaksud dengan
Microsoft Access ? Dan apa fungsinya ?
Pengertian Microsoft Access (atau Microsoft Office Access) adalah sebuah
program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan
rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah., dan juga menggunakan tampilan
grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna.
Fungsi : digunakan untuk mengolah data dan aplikasi yang dapat membantu kita
membuat sebuah aplikasi database dalam waktu yang relatif singkat. Biasanya
digunakan untuk pembuatan aplikasi-aplikasi yang kecil.
2. Apakah yang dimaksud dengan Database, Tabel, Record, Dan Field ?
– Database adalah
sekumpulan data yang terintegrasi yang diorganisasi untuk memenuhi kebutuhan para pemakai di dalam suatu organisasi.
– Table adalah tempat
untuk menyimpan data.
– Record adalah
kumpulan dari field. Ex :pada baris dan tulisan.
– Field adalah elemen
data yang terkecil. Ex : gabungan karakter.
3. Hampir semua table yang akan dibuat memiliki sebuah field yang berfungsi
sebagai Primary Key, apakah yang dimaksud dengan Primary key ?
Primary Key adalah atribut (field) yang dipilih untuk
menentukan struktur storage pada organisasi file multi key, adapun key lainnya
disebut dengan secondary key. Pengertian lainya Primary Key adalah suatu nilai
dalam basis data yang digunakan untuk mengidentifikasi suatu baris dalam tabel.
Nilai dari primary key adalah unik.
4. Apakah yang dimaksud dengan Relationship dan Foreign Key ?
– relationship
adalah relasi atau hubungan antara beberapa tabel dalam database. Definisi
lain relationship ( kaitan dengan foreign key) adalah keterkaitan antara
primary key dan foreign key (kardinalitas one to many atau many to many)
– Foreign Key
adalah Sebuah kumpulan field dalam satu relasi yang digunakan untuk me“refer (menunjuk) ke suatu baris (tuple) pada relasi yang lain (harus berkorespondensi
dengan primary key pada relasi yang kedua), seperti: ‘logical pointer.
5. Apa yang dimaksud dengan Report, dan Apakah dalam Microsoft Access
menyediakan fungsi untuk membuat Report ?
Reports disediakan untuk membuat format pencetakan pada media kertas melalui
printer. digunakan untuk merepresentasikan hasil olahan data menjadi informasi
yang siap di cetak di lembaran kertas
Ya, ms. access menyediakan fungsi dalam pembuatan record yaitu dengan
menggunakan fasilitas wizard dan bisa juga dibuat dengan cara manual.
Posting Komentar